Thursday, 14 January 2016

Cara ampuh menghilangkan jerawat (based on true story)


halo semuanya~ Erika here >u<//
kali ini aku ingin membagikan sedikit pengalaman ku dalam merawat kulit. Mungkin kalian tidak bisa 100% percaya pada cerita ku, tapi percayalah satu hal kalau semua cerita yang aku tulis di sini (dengan label: life) adalah pengalaman pribadi ku sendiri.


sejak sd aku sudah menyadari kalau aku memiliki kulit wajah yang kurang cantik. Wajah ku sangat berminyak dan penuh dengan jerawat terutama di bagian pipi dan dahi. Aku sudah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat yang menggangu, namun hasilnya tetap saja berjerawat dan bertambah parah.
seiring dengan berjalannya waktu aku belajar bahwa terjadinya jerawat bisa karna kalian sedang dalam masa puber / pertumbuhan sehingga tubuh lebih banyak memproduksi minyak.

Sampai smp hingga smk wajahku pun tetap tidak terlihat tanda-tanda perubahan, hanya kadang-kadang bersih di bagian dahi lalu nanti muncul lagi, berbagai treatment sudah aku gunakan, mulai dari: gunakan lendir lidah buaya,
masker jerawat, 
masker teh, 
masker madu, 
minum obat penghilang jerawat,
uap air panas,
 gunakan sabun cuci muka khusus jerawat (selalu ganti-ganti karena belum dapat yang cocok), dan sebagainya
sampai aku kadang-kadang selalu menangis dan ngga pernah berani untuk lihat cermin, ngga berani untuk selfie atau berfoto bahkan aku sering kali menunduk jika bertemu dengan orang lain. Benar-benar membuat pd ku turun sangat,
aku sangat mengerti perasaan orang-orang yang memiliki jerawat parah pada wajah mereka karena aku sendiri pun mengalami hal tersebut. 

Sampai pada titik ini, aku yang sekarang berumur 19 tahun kini tau bagaimana caranya untuk menghilangkan jerawat parah, aku merasakan dampaknya sendiri dan aku akan membagikannya pada kalian >u<//

1. Banyak minum air putih


setiap hari aku selalu berusaha untuk minum min.8 gelas penuh air putih. gelasnya yang ukuran sedang saja, dan karena banyak minum air putih membuat wajah terlihat lebih sehat dan juga bisa mengurangi napsu makan juga loh ^^ 

2. Gunakan facewash for acne


selama lebih dari 5 tahun aku selalu mencari dan mencari sabun jerawat yang cocok untuk wajah ku, sudah banyak merk sabun wajah yang aku gunakan dan semuanya itu malah membuat wajah ku semakin buruk. Finnaly beberapa bulan terakhir ini aku menemukan 1 sabuh wajah yang cocok untuk wajah ku, tidak membuat wajah ku menjadi merah, berminyak, jerawat kecil - jerawat nanah dll.
yang aku gunakan sekarang ini adalah "Shinzhui facial wash for acne" kemasannya botol yang berwarna merah. Dapat kalian temukan di Guardian atau supermarket besar terdekat ^^

3. Olahraga


hal ini mungkin yang paling sulit dilakukan bagi orang yang baru pertama kali melakukannya, karena aku juga mengalami hal tersebut.
 setiap malam sudah memiliki rencana untuk olahraga pagi tapi pasti besoknya selalu bangun siang XDD. atau karena terlalu sibuk dengan kegiatan sekolah, kuliah atau kerja jadi tidak bisa olahraga pagi.
Namun saran ku olahraga sangat membantu menghilangkan jerawat, karena dengan olahraga dapat membakar lemak pada tubuh, tubuh menjadi sehat dan membuat kulit menjadi bagus. Biasanya aku selalu olahraga (jogging) pagi hari max.1 jam dari jam 6 pagi sampai jam 7 pagi karena pada dasarnya aku ngga kuat lari lama-lama dan aku suka banget keringet dingin kalau lama-lama kena sinar matahari TT _ TT selain lagi aku juga suka skipping biasanya 300 kali lompatan.

4. Kurangi minum cola dan makanan berminyak



aku kurang yakin dengan tidak minum cola tapi aku suka sekali dengan cola, dulu sering banget beli, namun setelah mulai berolahraga aku sudah jarang banget minum cola dan cenderung minumnya teh tawar. dengan kurangnya minum cola aku merasa wajahku menjadi lebih baik. Aku rasa kurangi minum minuman yang aneh-aneh sangat berpengaruh pada kulit yang sensitif seperti aku ini.
kemudian untuk makanan berminyak sampai sekarang aku masih susah untuk berhenti makan yang berminyak karena aku sangat sukaa sekali makan yang di goreng-goreng gitu, kalau makan sayur kalo ngga ada gorengannya pasti rewel dan ngembek ngga mau makan TToTT|
tapi aku masi berusaha untuk mengurangi makan yang goreng-goreng (FIGHT!), lebih baik menggantinya dengan yang rebus-rebus atau makanan yang dikukus XDD

5. Jangan gunakan handuk untuk me-lap muka


aku pernah membaca di suatu artikel yang membahas mengenai kuman pada handuk mandi dan mereka menyarankan untuk menggunakan handuk yang berbeda antara badan dengan muka. Jadi aku sudah tidak menggunakan handuk yang sama untuk badan dengan wajah. Biasanya aku menggunakan tisu wajah, aku tau kegiatan ini memang sangat memicu global warming karna memakai banyak tisu (sorry TT_TT)

6. Jangan tidur lebih dari jam 10 malam
dulu aku sering banget tidur jam 12 bahkan bisa sampai jam 2 pagi, lalu belakangan ini aku memperbaiki jam tidurku hampir setiap hari aku tidak pernah tidur lebih dari jam 10 malam, yah paling malam jam 11 lah~ dan aku menyadari kalau hal ini sangattt penting bagi wajah membuat wajah segar sepanjang hari dan tidak terlihat capek dan juga jerawat ku berkurang sejak aku memperbaiki jam tidurku.

dibandingkan dengan yang dulu aku merasakan perbedaan besar antara wajahku yang dulu dan yang sekarang. jerawat ku sudah berkurang sangat banyak dan mukaku terlihat lebih kencang dan segar >u< aku ngga malu lagi untuk berhadapan dengan orang lain tanpa make up, aku juga jadi lebih percaya diri. Selain itu yang terpenting adalah JANGAN STRESS karena tubuh dan pikiran yang lelah juga bekerja untuk mendatangkan jerawat yang banyak.

semua hal ini berdasarkan pengalaman pribadi ku aku harap postingan diatas dapat membantu kalian yang juga memiliki kulit buruk seperti diriku.
Maaf jika tidak ada foto before-afternya dan aku tau kalau no foto = hoax.
Tapi ..... yah kalian bisa mencobanya dan semoga berhasil 
Good luck <3




No comments

Post a Comment

© 苺おの日
Maira Gall